Fotografer Tempo Dipukul Tentara

TEMPO Interaktif,
Bandung: Pertandingan antara Persib Bandung lawan Deltras diwarnai pemukulan terhadap wartawan. Fotografer Tempo, Budi Yanto, dihajar tentara beberapa menit sebelum pertandingan dimulai, pukul 15.15 WIB, minggu (25/01).

Peristiwa pemukulan terjadi di luar stadion, tepatnya di pintu selatan stadion Siliwangi Bandung. Menurut Budi, dia tidak berada di dalam lapangan saat itu. “Saya hendak mengambil gambar bobotoh yang menonton Persib via layar raksasa (big screen),” katanya.

Tak lama berselang, terjadi kerusuhan di sekitar 20 meter dari arah Budi. Fotografer yang berusia 30 tahun ini spontan mendekat ke titik kerusuhan. Lalu ada satu orang aparat pasukan Anti-Huru Hara berpakian loreng melewati Budi. Oleh Budi, aparat tadi di potret dengan kamera Nikon Coolpix 3500.

Melihat Budi, aparat berpangkat 3 strip merah di sebelah tangan kanan, langsung naik pitam. Budi segera mengamankan kamera di tangan kiri. Sejurus kemudian, pentungan karet mendarat di tangan kiri. Walhasil kamera ruksak ringan. Budi merasa aparat keamanan itu mengincar kameranya. Tapi Budi menghindar. Lalu pukulan dilancarkan lagi ke tubuh Budi. Kali ini yang jadi sasaran adalah dada sebelah kanan.

Ketika Budi berusaha lari, aparat keamanan itu tetap mengejar dan memukul kepala belakang bagian kiri. Akibatnya, kepala Budi bejol, dada kanan dan jempol kirinya terasa nyeri. Setelah pemukulan itu, Budi melanjutkan liputan di luar stadion.

Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Bandung, Nursyawal, mengutuk pemukulan tersebut. Menurut Nursyawal, pemukulan ini melanggar UU Pokok Pers No 40. Apalagi, kata Nursyawal, pemukulan terhadap wartawan ini bukan pertama kali terjadi di ibu kota Jawa Barat ini.

Buntut dari pemukulan ini, Budi bersama pengurus AJI Bandung melaporkan kasus pemukulan ke Polsek lengkong, Polisi Militer, dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia. Setelah kejadian, Budi nampak shock. Ia pun dibawa ke rumah sakit untuk keperluan visum.

Boby Gunawan – Tempo News Room

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s