Jurnalis Bandung Peringati Hari Kemerdekaan Pers

TEMPO Interaktif, Bandung:Puluhan wartawan yang tergabung dalam Solidaritas Wartawan Bandung serta beberapa aktivis dari Aliansi Rakyat Bersatu di Bandung turun ke jalan, Selasa (3/5) siang. Mereka menggelar aksi damai untuk memperingati Hari Kemerdekaan Pers Dunia yang jatuh setiap tanggal 3 Mei. Aksi yang diprakarsai oleh Forum Diskusi Wartawan Bandung dan Aliansi Jurnalis Independen Kota Bandung ini digelar di Jalan Diponegoro, tepat di depan Gedung Sate. Dalam aksi yang berlangsung sekitar satu jam, mereka membagi-bagikan bunga mawar dan pernyataan sikap kepada para penumpang kendaraan bermotor yang melintas di kawasan itu.

Dalam pernyataan sikapnya, para wartawan mengajak seluruh elemen masyarakat sipil bersama-sama memperjuangkan kemerdekaan pers. Mereka menegaskan agar masyarakat tidak mencampuradukkan antara produk pers dengan media lainnya, semisal berita dengan gosip, atau foto berita dengan foto bugil.

Menurut Ketua AJI Kota Bandung Nursyawal, kemerdekaan pers perlu didukung oleh respon positif dari publik. Selain itu, masyarakat diharapkan dapat mengawasi kinerja pers. “Tergantung dari publik. Kami bisa follow up aksi ini jika mendapat respon dari publik,”ujarnya.

Dalam pernyataan sikap itu juga dikemukakan, kemerdekaan pers sebenarnya sudah tercantum dalam banyak peraturan internasional, misalnya yang paling dasar pada Pasal 19 Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia tentang kebebasan untuk berekspresi dan berpendapat melalui media apapun tanpa batasan apapun.

Kemerdekaan ini, juga tercantum dalam Resolusi Sidang Umum PBB nomor 4.3 tahun 1991 tentang pentingnya independensi pers sebagai komponen penting masyarakat sipil yang demokratis. “Peringatan ini juga menekankan pada peningkatan kinerja wartawan itu sendiri,”kata Nursyawal.
 

Rana Akbari Fitriawan dan Ike Agestu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s