AJI Minta Instansi Pemerintah dan Swasta Tak Beri THR pada Wartawan

Suara Merdeka CyberNews, Bandung. Aliansi Jurnalis Independen meminta kepada seluruh elemen masyarakat, khususnya instansi pemerintah, perusahaan milik negara/daerah, jajaran militer dan kepolisian serta perusahaan swasta, agar tidak memberikan tunjangan hari raya dalam bentuk apapun kepada wartawan.

“Sudah empat tahun berturut-turut, Aliansi Jurnalis Independen mengingatkan seluruh elemen masyarakat, termasuk juga dinas, badan dan lembaga pemerintahan dari provinsi maupun kabupaten/kota untuk tidak menyediakan uang ketupat, kadeudeuh, sarung dan peci, atau THR dalam bentuk apapun untuk wartawan,” ungkap Ketua AJI Bandung Nursyawal dalam pernyataan pers yang diterima Suara Merdeka CyberNews, Rabu (4/10). 

Menurut Nursyawal, dana khusus untuk wartawan dalam rangka menyambut Lebaran oleh lembaga negara dengan alasan THR merupakan pelanggaran azas disiplin anggaran yang seharusnya digunakan sepenuhnya demi kepentingan umum. “Wartawan bukanlah pegawai dinas, perusahaan milik negara, staf lembaga militer atau aparatus penegak hukum. Yang wajib memberikan THR kepada wartawan adalah perusahaan tempat wartawan itu bekerja,” tandasnya.  

Hal itu, tegas dia, merujuk pada Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI Nomor PER-04/MEN/1994 tentang THR Pasal 1 Ayat d menyebut, Tunjangan Hari Raya Keagamaan yang selanjutnya disebut THR, adalah pendapatan pekerja yang wajib dibayarkan oleh Pengusaha kepada pekerja atau keluarganya menjelang Hari Raya Keagamaan yang berupa uang atau bentuk lain. 

“AJI sekaligus mengimbau rekan-rekan wartawan, untuk tidak meminta THR dari tempat lain kecuali dari perusahaan tempat rekan-rekan bekerja. Meminta THR dari pihak lain di luar tempat wartawan bekerja, sama saja dengan meminta-minta di simpang jalan,” ujarnya. 

Kepada dinas, badan dan lembaga negara yang masih mengalokasikan anggaran untuk wartawan, Nursyawal mengimbau agar mulai menghentikannya, karena masih banyak warga miskin yang lebih pantas mendapat bantuan langsung tunai itu.( imam m djuki/cn05 ) 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s