Kontrak Bagi Jurnalis Terbilang Beruntung

BANDUNG, (PR).-Sistem kontrak memang mempermudah perusahaan untuk memecat karyawannya tanpa pesangon. Akan tetapi, status kontrak bagi jurnalis di Indonesia masih terbilang beruntung. Banyak jurnalis yang bahkan tidak digaji dan hanya mengandalkan kartu pers untuk mencari uang.
“Ini ujung-ujungnya jadi wartawan amplop dan lebih parah lagi, memeras,” ujar Direktur Harian Umum Galamedia, Ridlo Eisy pada Diskusi “Nasib Wartawan: Tanggung Jawab Sosial Vs Tanggung Jawab kepada Perusahaan” di Gedung Indonesia Menggugat, Sabtu (2/2).

Ia mengatakan, perkembangan industri media, terutama media cetak di Indonesia memang tidak menggembirakan dari sisi bisnis. Ridlo yang juga Ketua Harian Serikat Penerbit Suratkabar menyebutkan, dari 429 anggota SPS yang terdaftar, hanya sekitar 30% yang dikategorikan sehat secara bisnis.

“Banyak di antaranya yang masih bertahan karena gengsi,” katanya.

Diskusi pun menghadirkan Santi Indra Astuti mewakili akademisi dan Resmi Setia Milawati sebagai peneliti perburuhan di Yayasan Akatiga. Diskusi dihadiri puluhan aktivis serikat pekerja manufaktur dan organisasi jurnalis. Di akhir diskusi, mereka menyatakan solidaritas bagi wartawan Radio Mara yang di-PHK sebagai konsekuensi penghapusan struktur redaksi.

Penghapusan

Sementara itu, Ketua Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Bandung Agus Rakasiwi menuntut penghapusan sistem kerja kontrak bagi pekerja di bidang media. Sistem kerja kontrak dianggap merugikan pekerja media terutama jurnalis.

“AJI Bandung mengajak seluruh jurnalis mengorganisasikan diri dan memperkuat pemahaman hubungan ketenagakerjaan dalam industri media,” ujarnya. (A-156)***

Sumber : Pikiran Rakyat

3 thoughts on “Kontrak Bagi Jurnalis Terbilang Beruntung

  1. “Banyak di antaranya yang masih bertahan karena gengsi” emang gengsinya dibelah mana ? apa maksud gensi ini idealisme ?

  2. perbudakan secara legal apa pun penjelasaan posisi buruh tetaplah sebagai tawanan dari sebuah proses pembangunan politik akomodasi modal, negara dan buruh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s