Perusahaan Media Massa Wajib Beri THR pada Karyawannya

Ketua Aliansi Jurnalis Independen [AJI] Kota Bandung, Agus Rakasiwi, mengingatkan kepada seluruh perusahaan media di Kota Bandung untuk memberikan Tunjangan Hari Raya Keagamaan [AJI] kepada setiap jurnalis dan pekerja media lainnya. AJI Bandung juga mengingatkan agar pemerintah tidak memberikan THR kepada jurnalis.

Agus mengacu pada Peraturan Menteri Tenaga Kerja No.4 tahun 1994 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja di Perusahaan yang mensyaratkan kewajiban perusahaan untuk memberikan THR kepada para pekerjanya, setidaknya 1 x gaji. Jika ini tidak dilakukan oleh perusahaan media massa,”dapat dijerat hukum pidana.” menurut Agus.

Hal yang tak kalah pentingnya juga, Aliansi Jurnalis Independen [AJI] Kota Bandung mengingatkan kepada perusahaan media massa di Kota Bandung [elektronik dan cetak] untuk MELARANG pemberian THR dari pemerintah/perusahaan swasta/BUMN kepada jurnalis. Menurut Agus Rakasiwi, hal itu sama dengan amplop. “Pemberian amplop merupakan pelanggaran Kode Etik Jurnalis Indonesia,” ujar Agus.

Kode Etik Jurnalistik, pasal 6, jelas-jelas menyebutkan bahwa jurnalis dilarang menerima pemberian apapun dari narasumber berita. Pemberian THR kepada jurnalis adalah kewajiban perusahaan media tempat dia bekerja.

AJI Bandung menyatakan alangkah tepatnya, jika anggaran negara yang dikeluarkan untuk THR bagi jurnalis, disalurkan untuk kepentingan publik; pendidikan, kesehatan, dan jaminan sosial. Dan tugas jurnalis adalah mengawasi penggunaan anggaran publik bukan untuk ikut menikmatinya.

Dan menyambut Hari Harya Idul Fitri, AJI Kota Bandung mengucapkan minal aidin falfaidzin, mohon maaf lahir bathin. Semoga kita semua tetap sehat dan semangat bekerja. AMIN! [FB]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s