AJI Luncurkan Upah Minimum Jurnalis

BANDUNG, (PRLM).- Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandung menetapkan dan meluncurkan angka upah layak minimum jurnalis di Kota Bandung sebesar Rp 3.538.797,00 untuk jurnalis lajang yang sudah bekerja minimum satu tahun. Angka ini berdasarkan survei komponen dan harga kebutuhan hidup layak tahun 2008 termasuk kebutuhan menyicil perumahan sederhana tipe 21.

Pada tahun 2008 Dewan Pengupahan Kota Bandung menentapkan tingkat upah minimum Kota Bandung sebesar Rp 939.000,00.- “Nilai ini sangat kecil dan jauh dari tingkat kelayakan hidup minimum sekarang. Apalagi diberlakukan bagi seorang jurnalis,”kata Ketua AJI Bandung, Agus Rakasiwi, Minggu (19/10) di Gedung Indonesia Menggugat Jln. Perintis Kemerdekaan Bandung, dalam acara launching upah layak minum jurnalis Kota Bandung.

Pada kesempatan itu, AJI Bandung juga mendorong agar setriap perusahaan tidak menghalangi pembentukan serikat pekerja jurnalis. Dari 14 media lokal yang ada di Bandung, baru “Pikiran Rakyat” yang memiliki serikat pekerja dan upah jurnalisnya mendekarti upah layak minimum. Berdasarkan survei di 14 media lokal dan wawancara dengan 20 wartawan lokal, “PR” menempati posisi pertama sebagai media yang telah memberikan upah layak pada jurnalisnya. (A-156/A-120) ***

[sumber: HU Pikiran Rakyat, Minggu, 19 Oktober 2008 , 12:31:00 ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s