Versi AJI: Gaji Jurnalis Minimal Rp 3,5 Juta Per Bulan

BANDUNG, TRIBUN – Aliansi Jurnalistik Independen (AJI) Bandung menetapkan angka upah layak minimum bagi para jurnalis berstatus lajang yang telah berkerja minimum satu tahun, yaitu sebesar Rp 3,5 juta/bulan. Demikian dikatakan Ketua AJI Bandung, Agus Rakasiwi, di Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Perintis Kemerdekaan Bandung, seperti disiarkan Kantor Berita Antara, Minggu (19/10).

Besaran upah sebesar Rp 3,5 juta/bulan itu didapatkan dari hasil survei komponen dan harga kebutuhan hidup layak tahun 2008. Di dalam survei tersebut juga termasuk kebutuhan mencicil perumahan sederhana tipe 21.

Dalam survei tersebut, AJI Bandung melakukan wawancara kepada 20 wartawan lokal dari 14 media lokal. Wawancara ini dilakukan untuk mendapatkan data tentang upah yang diterima oleh para jurnalis setiap bulannya.

Agus juga menyebutkan angka upah minimum Dewan Pengupahan Kota Bandung pada tahun 2008 sebesar Rp 939.000 sangat kecil dan masih jauh dari tingkat kelayakan hidup minimum saat ini.

Dikatakannya, sistem atau bentuk pengupahan bagi seorang jurnalis haruslah berbeda dari ketetapan yang diatur oleh pemerintah atau dewan pengupahan kota atau provinsi. Hal itu dikarenakan, banyaknya risiko yang dihadapi oleh seorang yang berprofesi sebagai jurnalis, seperti kecelakaan saat meliput atau menghadapi tuntutan hukum.

Terpisah, Ketua Serikat Penerbit Surat Kabar Jawa Barat, Ridho Eisy menilai upah minimum seorang jurnalis versi AJI, sangatlah sulit untuk diwujudkan atau dilakukan untuk saat ini. Dia menilai, banyak faktor yang menyebabkan hal itu sulit untuk dilakukan. Salah satunya, biaya operasional surat kabar cetak, seperti harga kertas yang semakin meninggi. Karena alasan untuk menghemat biaya operasi terebut, pihak perusahaan pers pasti akan kesulitan untuk mewujudkan upah minimum seorang jurnalis versi AJI Bandung. (*)

[Sumber : Tribun Jabar, edisi Senin, 20 Oktober 200, http://tribunjabar.co.id/artikel_view.php?id=23187&kategori=28%5D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s